Skip to main content

Pemanasan global, Efek rumah kaca, dan Hujan asam




1. Pemanasan Global (Global Warming)
  • Pengertian: Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi
  • Penyebab:
    1. Meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca
    2. Polusi karbon dioksida
    3. Gas metana
    4. Penebangan pohon secara liar
    5. Penggunaan pupuk kimia berlebihan
    6. Penggunaan CFC
    7. Polusi kendaraan bermotor
    8. membakar kayu
  • Dampak:
    1. Mencairnya es di kutub
    2. Meningkatnya level permukaan air laut
    3. Perubahan iklim yang makin ekstrim
    4. Gelombang panas makin meningkat
    5. Habisnya gletser sebagai sumber air bersih
    6. Penigkatan instensitas terjadinya badai
    7. Gagal panen
    8. Makhluk hidup terancam punah
    9. Dampak sosial dan politik
    10. Tsunami
    11. Pergeseran ekosistem
  • Solusi:
    1. Menghilangkan karbon
    2. Awasi penebangan hutan sembarangan
    3. Menananm pohon
    4. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor
    5. Mengurangi penggunaan lampu di siang hari
    6. Menggunakan lampu hemat energi
    7. Tidak menggunakan AC
    8. Tidak menggunakan alat pengering
    9. Daur ulang sampah organik
    10. Pembatasan usia kendaraan 

2. Efek rumah kaca (Green house effect)
  • Pengertian: Efek rumah kaca adalah proses pemanasan permukaan suatu benda langit yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya
  • Penyebab:
    1. Meningkatkan konsentrasi gas karbon dioksida
    2. Kenaikan pembakaran bahn bakar minyak
    3. Kerusakan hutan dan lahan
    4. Penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan
    5. Pembuangan limbah
    6. Keberadaan gas-gas rumah kaca di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang
        dipantulkan oleh bumi
  • Dampak:
    1. Peningkatan pemansan global
    2. Semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan
    3. Suhu permukaan bumi meningkat
    4. Perubahan iklim yang ekstrim
    5. Terganggunya ekosistem
    6. Mencairnya gunung-gunung es
    7. Naiknya permukaan air laut
    8. Meningkatnya suhu air laut
  • Solusi:
    1. Menanam pohon
    2. Pengendalian kerusakan hutan
    3. Pengolahan limbah
    4. Pengendalian kebakaran hutan
    5. Pemberantasan pembalakan liar
    6. Penggunaan energi ramah lingkungan

3. Hujan asam (Solid rain)
  • Pengertian: Hujan asam adalah segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6
  • Penyebab:
    1. Semburan asap gunung berapi
    2. Asap-asap pabrik
    3. Pembakaran bahan bakar fosil
    4. Pengolahan pertanian yang menghasilkan amoniak
    5. gas kendaraan bermotor
  • Dampak:
    1. Mempengaruhi kualitas air permukaan
    2. Merusak tanaman
    3. Mempengaruhi kualitas air tanah
    4. Merusak material dan bangunan
    5. Banyak tanaman yang mati
    6. Berkurangnya populasi ikan
    7. Memperbesar konsentrasi logam dalam air
  • Solusi:
    1. Pabrik menggunakan mesin ramah lingkungan
    2. Menggunakan pembangkit listrik tenaga batu bara
    3. Menanam pohon
    4. Menyemprotkan kapur
    5. Menggunakan bahan bakar dengan kandungan belerang rendah

Thank you:)

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT

LARANGAN SISWA MEMBAWA SEPEDA MOTOR KE SEKOLAH             Sepeda motor sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat Indonesia. Bahkan, para remaja pun kini sudah terbiasa mengendarai sepeda motor. Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya banyak sekali dampak negatif penggunaan sepeda motor. Itulah sebabnya mengapa banyak sekolah yang mengeluarkan larangan bagi siswa.             Ada beberapa orang yang bertentangan pendapatnya dengan larangan tersebut. Mereka memiliki pendapat masing-masing. Antara lain, dengan siswa membawa sepeda motor ke sekolah, mereka tidak harus menunggu kendaraan umum untuk berangkat dan pulang. Dengan begitu, waktu yang mereka gunakan lebih singkat. Kemudian, siswa yang jarak tempuh antara rumah dan sekolahnya jauh lebih mudah menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan harus menunggu kendaraan umum.       ...

Masa Kuliah | Bagian Empat

Oiya, event yang aku ikuti tidak hanya DIS saja, tetapi juga ada beberapa event lain seperti DMF, Depa’s Infection, dan BKGN, yang alhamdulillah semuanya di-eksekusi pada topik 3 :)). Tidak hanya event saja yang memenuhi kepalaku di semester 1 ini. Aku juga dijejeli dengan berbagai kegiatan wajib kampus yang ‘katanya’, sih, merupakan rangkaian dari PPSMB fakultas (yang bahkan sampai saat ini jujur saja akumasih tidak menyukainya, haha). FGD atau forum group discussion namanya. Entah apa tujuannya yang jelas itu sangat membuang-buang waktu. Sedari awal aku jujur saja senang dan cenderung antusias ketika mendengar akan ada rangkaian PPSMB fakultas selanjutnya walaupun sedikit kesal kenapa harus dipadatkan di topik 3. padahal, di topik 1 dan 2 begitu banyaknya waktu luang sampai-sampai aku bingung harus melakukan apa. Akan tetapi, begitu kegiatan tesebut dimulai, aku masih tidak habis pikir, mengapa ditengah padatnya jadwal di fkg ini, masih saja ada pemikiran untuk membuat kegiatan ...

Contoh Soal (Beserta Jawabannya) UTS1 SMA Kurikulum 2013 TP 2016/2017

Kelas X BIOLOGI 1.       Seorang siswa harus berpikir positif. Pada saat ia mengambil sarang rayap di balik kayu lapuk, maka sesuai dengan metode ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah… A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori E. Menganalisis data hasil pengamatan Jawab: C 2.       Manfaat biologi di bidang teknologi pengolahan pangan adalah… A. Terapi gen B. Kloning hewan ternak C. Budidaya udang wind D. Pembuatan hormon insulin E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal) Jawab: E 3.       Pada percobaan “Pengaruh limbah organik  terhadap pertumbuhan Spirogyra sp ”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air cucian beras, air bekas cucian ikan, dan air cucian sayuran. Hal ini merupakan variabel… A. Terikat...