Skip to main content

Contoh Soal (Beserta Jawabannya) UAS1 SMA Kurikulum 2013 TP 2016/2017


KELAS X
KIMIA

A.    Pilihlah Jawaban yang paling benar dengan memilih opsi A, B, C, D, atau E pada lembar jawab yang tersedia!

1.      Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah melakukan observasi dan pengamatan. Pada langkah ini, peneliti melakukannya dengan cara…
A. Membaca Referensi atau studi pustaka
B. Melakukan pengukuran
C. Menentukan variabel
D. Mengelompokkan data
E. Menarik kesimpulan

Jawab: B

2.      Atom-atom yang sejnis bergabung membentuk…
A. Molekul unsur
B. Molekul senyawa
C. Ion
D. Senyawa
E. Unsur

Jawab: A

3.      Elektron di sekitar inti atom tidak jatuh ke dalam, hal ini disebabkan karena…
A. Elektron bergerak dengan lintasan dan jarak tertentu dari inti atom
B. Gaya tolak-menolak antara elektron dan inti atom relative besar
C. Adanya Penghalang antara inti atom dan elektron
D. Massa elektron relative kecil dibandingkan massa inti atom
E. Elektron dalam kondisi diam di sekitar inti atom

Jawab: A

4.      Berikut ini yang merupakan kelemahan teori atom Niels Bohr adalah…
A. Tidak dapat menjelaskan unsur hidrogen
B. Bertentangan dengan hokum-hukum fisika dari Maxwell
C. Tidak dapat menentukan posisi elektron dengan pasti
D. Bertengtangan dengan teori atom Dalton bahwa atom-atom suatu unsur identic
E. Tidak dapat menentukan perubahan energi pada  perpindahan elektron dalam atom

Jawab: C

5.      Atom dalam kalium mempunyai proton, neutron, dan elektron beturut-turut…
A. 19, 19, 19
B. 20, 19, 39
C. 20, 19, 20
D. 19, 20, 19
E. 19, 39, 20

Jawab: D

6.      Manakah diantara perpindahan elektron berikut yang disertai pelepasan energi paling besar?
A. Dari kulit K ke kulit N
B. Dari kulit M ke kulit K
C. Dari kulit L ke kulit K
D. Dari kulit M ke kulit P
E. Dari kulit N ke kulit M

Jawab: B

8.      Konfigurasi elektron di bawah ini yang menunjukkan konfigurasi elektron gas mulia adalah…
A. 1s2 2s2 2p6 3s2
B. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6
C. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d6 4s2
D. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 4p6
E. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10

Jawab: B

9.      Di bawah ini tercantum lambing unsur-unsur dengan nomor atomnya. Atom yang mempunyai 6 elektron valensi adalah…
A. 24Cr
B. 12Mg
C. 14Si
D. 6C
E. 10Ne

Jawab: A

10.  Jumlah orbital yang dapat ditempati oleh elektron pada atom unsur yang mempunyai nomor massa 19 dan jumlah neutron 10 adalah…
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9

Jawab: A

11.  Konfigurasi elektron Ca2+ (nomor atom = 20) adalah…
A. [He] 2s2 2p6
B. [He] 3s2 3p6
C. [Ne] 3s2 3p6
D. [Ne] 3s2 3p6 4s2
E. [Ar] 3s2 3p6

Jawab:

12.  Diantara harga-harga keempat bilangan kuantum di bawah ini yang tidak mungkin untuk pengisian elektron pada orbital 3d adalah…
A. n = 3, l = 2, m = -1, s = +1/2
B. n = 3, l = 2, m = -2, s = +1/2
C. n = 3, l = 1, m = -1, s = +1/2
D. n = 3, l = 2, m = 0, s = +1/2
E. n = 3, l = 2, m = +2, s = +1/2

Jawab: C

13.  Banyaknya orbital yang ditempati oleh elektron tunggal dalam atom X dengan nomor atom 27 adalah…
A. 3                 B. 4                 C. 6                 D. 8                 E. 10

Jawab: C

14.  Ion Xmemilikikonfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6. Nilaikeempat bilangan kuantum elektron terakhir dari atom X adalah…
A. n = 3, l = 1, m = -1, s = +1/2
B. n = 3, l = 0, m = 0, s = +1/2
C. n = 3, l = 0, m = 0, s = -1/2
D. n = 2, l = 1, m = +1, s = +1/2
E. n = 2, l = 1, m = -1, s = -1/2

Jawab: A

15.  Hokum Triade merupakan salah satu cara pengelompokkan unsur yang dikemukakan oleh…
A.Mendeleev
B. Dobreiner
C. Newlands
D. Lothar Meyer
E. Moseley

Jawab: B

16.  Pasangan unsur yang terletak pada blok p dalam system periodik adalah…
A. 15P dan 19K
B. 13Al dan 3Li
C. 17Cl dan 19K
D. ­11Na dan 4Be
E. 6C dan 16S

Jawab: E

17.  Suatu unsur dalam system periodik terletak pada golongan VIIA periode 3 memiliki konfigurasi elektrin…
A. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6
B. 1s2 2s2 2p6 3s1
C. 1s2 2s2 2p1
D. 1s2 2s2 2p3
E. 1s2 2s2 2p6 3s2

Jawab: A

18.  Unsur A, B, C, D, E berturut-turut mempunyai nomor atom 12, 13, 18, 20, 23. Pasangan unsur yang berada dalam satu golongan adalah…
A. A dan D
B. C dan E
C. B dan E
D. D dan C
E. A dan B

Jawab: A

19.  Unsur tembaga, Cr, dengan nomor atom 24 terletak pada golongan dan periode…
A. IA/5            B. IIA/3          C. IB/4                        D. VIB/4         E. VIIA/3

Jawab: D

20.  Berdasarkan sifatnya, urutan yang benar dari unsur periode ke-3 berikut dri yang terendah ke yang terbesar energi ionisasinya adalah…
A. Mg-Al-Na-P-Si-S-Ar-Ci
B. Ar-Cl-S-P-Si-Al-Mg-Na
C. Na-Mg-Al-Si-P-S-Cl-Ar
D. Na-Mg-Al-Si-Ar-Cl-S-P
E. Ar-Cl-S-P-Si-Na-Mg-Al

Jawab: C

21.  Semakin bertambahnya nomor atom pada unsur-unsur dalam periode yang sama, sifat unsur yang benar, kecuali…
A. Jari-jari atom berkurang
B. Energi ionisasi bertambah
C. Keelektronegatifan bertambah
D. Sifat logam bertambah
E. Pernyataan A dan B benar

Jawab: D

22.  Di antara unsur-unsur berikut yang mempunyai jari-jari paling kecil adalah unsur…
A. 8O               B. 9F                C. 12Mg           D. 19K              E. 20Ca

Jawab: B

23.  Unsur yang tidak termasuk golongan halogen adalah…
A. F                 B. Cl                C. I                  D. Sr                E. At

Jawab: D

24.  Unsur-unsur berikut yang termasuk metalloid adalah…
A. Natrium, Magnesium, dan Alumunium
B. Boron, Silikon, dan Telurium
C. Barium, Arsen, dan Helium
D. Argon, Klorin, dan Natrium
E. Antimon, Silikon, dan Neon

Jawab: B

25.  Energi ionisasidari unsur Li, Na, K, Rb, dan Cs semakin berkurang. Faktor utama yang mengakibatkan penurunan energi ionisasi tersebut adalah penambahan…
A. Titik didih
B. Titik leleh
C. Jari-jari atom
D. Massa atom
E. Nomor atom

Jawab: C

26.   Unsur di bawah ini yang cenderung melepaskan elektron sesuai teori oktet adalah…
A. 16S              B. 17Cl             C. 19K              D. 34Se             E. 35Br

Jawab: C

27.  Suatu atom X mempunyai massa atom 39 dan jumlah neutron 20. Sedangkan, atom Y mempunyai jumlah proton 17. Jika kedua atom itu berikatan, maka rumus molekuklnya adalah…
A. XY
B. X3Y2
C. XY7
D. X7Y
E. X2Y3

Jawab: A

28.   Unsur 12M dan unsur 9N dapat membentuk senyawa dengan rumus dan jenis ikatan berturut-turut…
A. M2N, ion
B. MN2, ion
C. M2N, kovalen
D. MN2, kovalen
E. MN, ion

Jawab: B

29.  Diketahui unsur dengan nomor atom sebagai berikut:
4A; 6B; 8C; 9D; 15E; dan 17F
Diantara rumus molekul berikut yang mempunyai ikatan kovalen rangkap 2 adalah…
A. AE5
B. AC
C. ED3
D. BC2
E. F2

Jawab: D


30.  Perhatikan struktur Lewis H3PO4 berikut ini!

Pasangan elektron yang terbentuk secara kovalen koordinasi ditunjukkan pada nomor… (Nomor atom H = 1; O = 8; P = 15)
A. 1                 B. 2                 C. 3                 D. 4                 E. 5

Jawab: A

31.  Senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinat adalah… (No atom C=6; Cl=17; Na=13; Ca=20; O=8; C=6; S=16)
A. CCl4               B. NaCl           C. CaO            D. CO2                        E. SO2

Jawab: E

32.  Senyawa kovalen berikut yang tidak mengikuti kaidah oktet adalah…
(Nomor atom N=7, H=1, S=16, C=6, P=15, Cl=17, B=5)
A. NH5                                B. BCl3               C. H2S             D. CH4                                E. PCl3

Jawab: B

33.  Sifat umum yang dimiliki senyawa elektrovalen/ion adalah…
A. Larutannta tidak menghantarkan listrik
B. Titik leleh dan titik didihnya rendah
C. Lelehannya menghantarkan listrik
D. Tidak larut dalam air
E. Dalam wujud padat menghantarkan listrik

Jawab: D

34.  Berikut sifat fisik suatu senyawa:
1)         Keras tapi rapuh
2)         Mempunyai titik leleh rendah
3)         Berupa padatan pada suhu kamar
4)         Larut dalam pelarut air
5)         Berupa gas, cairan, atau padatan pada suhu ruang
Berdasarkan data di atas, yang merupakan sifat senyawa kovalen adalah…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5

Jawab: C

35.  Diketahui beberapa sifat zat sebagai berikut:
1)         Dapat ditempa
2)         Isolator yang baik
3)         Dapat direnggangkan
4)         Mengkilap bila digosok
5)         Merupakan konduktor panas dan listrik yang baik
Berdasarkan sifat di atas, zat yang mengandung ikatan logam adalah…
A. 1, 2, 3, dan 5
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 1, 2, 3, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
E. 1, 2, 3, dan 4

Jawab: B


36.  Perhatikan grafik titik didih senyawa hibrida golongan IVA, VA, dan VIA berikut ini!

Senyawa hibrida yang memiliki ikatan hidrogen antar molekulnya ditunjukkan oleh nomor…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 6
E. 5 dan 6

Jawab: B

37.  Gaya antar molekul yang teradi antara molekul non polar adalah…
A. Gaya dipol-dipol
B. Gaya dipol terimbas
C. Gaya dipol sesaat
D. Ikatan hidrogen
E. Gaya induksi

Jawab: C

38.  Molekul berikut ini yang mempunyai bentuk molekul tetrahedral dan piramida trigonal adalah…
(Nomor atom P=15; H=1; Cl=17; O=8; S=16; F=9; dan N=7)
A. PH3 dan Cl2O
B. Cl2O dan CH4
C. NH3 dan SF6
D. CH4  dan NH3
E. SF6 dan PH3

Jawab: D

39.  Bentuk molekul dan sifat kepolaran yang terbentuk dari unsur 7X dan 1Y adalah…
A. Linear dan polar
B. Piramida trigonal dan polar
C. Tetrahedral dan non polar
D. Oktrahedral dan non polar/
E. Segiempat planar dan polar

Jawab: C

40.  Berikut ini data fisik dari tiga zat tak dikenal

Senyawa
Titik Leleh (oC)
Daya Hantar Listrik Larutan
X
32
Tidak Menghantarkan
Y
64
Menghantar
Z
804
Menghantar
Berikut data tersebut, jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa X, Y, dan Z berturut-turut adalah…
A. Kovalen non polar, kovalen polar, dan ion
B. Ion, kovalen non polar, dan kovalen polar
C. Kovalen non polar, ion, dan ion
D. Ion, kovalen polar, dan kovalen non polar
E. Kovalen polar, ion, dan kovalen non polar


Jawab: A

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT

LARANGAN SISWA MEMBAWA SEPEDA MOTOR KE SEKOLAH             Sepeda motor sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat Indonesia. Bahkan, para remaja pun kini sudah terbiasa mengendarai sepeda motor. Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya banyak sekali dampak negatif penggunaan sepeda motor. Itulah sebabnya mengapa banyak sekolah yang mengeluarkan larangan bagi siswa.             Ada beberapa orang yang bertentangan pendapatnya dengan larangan tersebut. Mereka memiliki pendapat masing-masing. Antara lain, dengan siswa membawa sepeda motor ke sekolah, mereka tidak harus menunggu kendaraan umum untuk berangkat dan pulang. Dengan begitu, waktu yang mereka gunakan lebih singkat. Kemudian, siswa yang jarak tempuh antara rumah dan sekolahnya jauh lebih mudah menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan harus menunggu kendaraan umum.       ...

Masa Kuliah | Bagian Empat

Oiya, event yang aku ikuti tidak hanya DIS saja, tetapi juga ada beberapa event lain seperti DMF, Depa’s Infection, dan BKGN, yang alhamdulillah semuanya di-eksekusi pada topik 3 :)). Tidak hanya event saja yang memenuhi kepalaku di semester 1 ini. Aku juga dijejeli dengan berbagai kegiatan wajib kampus yang ‘katanya’, sih, merupakan rangkaian dari PPSMB fakultas (yang bahkan sampai saat ini jujur saja akumasih tidak menyukainya, haha). FGD atau forum group discussion namanya. Entah apa tujuannya yang jelas itu sangat membuang-buang waktu. Sedari awal aku jujur saja senang dan cenderung antusias ketika mendengar akan ada rangkaian PPSMB fakultas selanjutnya walaupun sedikit kesal kenapa harus dipadatkan di topik 3. padahal, di topik 1 dan 2 begitu banyaknya waktu luang sampai-sampai aku bingung harus melakukan apa. Akan tetapi, begitu kegiatan tesebut dimulai, aku masih tidak habis pikir, mengapa ditengah padatnya jadwal di fkg ini, masih saja ada pemikiran untuk membuat kegiatan ...

Contoh Soal (Beserta Jawabannya) UTS1 SMA Kurikulum 2013 TP 2016/2017

Kelas X BIOLOGI 1.       Seorang siswa harus berpikir positif. Pada saat ia mengambil sarang rayap di balik kayu lapuk, maka sesuai dengan metode ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah… A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori E. Menganalisis data hasil pengamatan Jawab: C 2.       Manfaat biologi di bidang teknologi pengolahan pangan adalah… A. Terapi gen B. Kloning hewan ternak C. Budidaya udang wind D. Pembuatan hormon insulin E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal) Jawab: E 3.       Pada percobaan “Pengaruh limbah organik  terhadap pertumbuhan Spirogyra sp ”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air cucian beras, air bekas cucian ikan, dan air cucian sayuran. Hal ini merupakan variabel… A. Terikat...