Kelas X
BIOLOGI
BIOLOGI
1.
Seorang siswa harus berpikir positif. Pada saat
ia mengambil sarang rayap di balik kayu lapuk, maka sesuai dengan metode
ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah…
A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis
B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan
C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah
D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori
E. Menganalisis data hasil pengamatan
Jawab: C
A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis
B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan
C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah
D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori
E. Menganalisis data hasil pengamatan
Jawab: C
2.
Manfaat biologi di bidang teknologi pengolahan
pangan adalah…
A. Terapi gen
B. Kloning hewan ternak
C. Budidaya udang wind
D. Pembuatan hormon insulin
E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal)
Jawab: E
A. Terapi gen
B. Kloning hewan ternak
C. Budidaya udang wind
D. Pembuatan hormon insulin
E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal)
Jawab: E
3.
Pada percobaan “Pengaruh limbah organik terhadap pertumbuhan Spirogyra sp”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air cucian
beras, air bekas cucian ikan, dan air cucian sayuran. Hal ini merupakan
variabel…
A. Terikat
B. Bebas
C. Kontrol
D. Respon
E. Pengganggu
Jawab: B
A. Terikat
B. Bebas
C. Kontrol
D. Respon
E. Pengganggu
Jawab: B
4.
Perhatikan rumusan masalah berikut!
“Adakah pengaruh perbedaan suhu udara terhadap kecepatan penguapan pada daun tanaman jagung?”
Variabel terikat yang tepat pada rumusan masalah tersebut adalah…
A. Waktu percobaan
B. Perbedaan suhu
C. Kecepatan penguapan
D. Berbagai jenis tumbuhan jagung
E. Kondisi lingkungan sekitar tanaman
Jawab: C
“Adakah pengaruh perbedaan suhu udara terhadap kecepatan penguapan pada daun tanaman jagung?”
Variabel terikat yang tepat pada rumusan masalah tersebut adalah…
A. Waktu percobaan
B. Perbedaan suhu
C. Kecepatan penguapan
D. Berbagai jenis tumbuhan jagung
E. Kondisi lingkungan sekitar tanaman
Jawab: C
5.
Perhatikan data observasi berikut!
1)
Daun belang-belang
2)
30% penderita anemia adalah usia lanjut
3)
Denyut nadi saat istirahat 78 per menit
4)
Pada tempat yang bersuhu 30oC, ukuran
daunnya kecil-kecil
Data kualitatif ditunjukkan oleh
nomor…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
Jawab: C
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
Jawab: C
6.
Tindakan yang benar dalam kegiatan di
labortorium adalah…
A. Minum saat merasa haus
B. Mematikan pembakar spiritus dengan cara ditiup
C. Meletakkan tas sekolah di atas meja kerja
D. Tidak memakai jas laboratorium karena udara panas
E. Menggunakan pipet tetes untuk mengambil larutan kimia
Jawab: E
A. Minum saat merasa haus
B. Mematikan pembakar spiritus dengan cara ditiup
C. Meletakkan tas sekolah di atas meja kerja
D. Tidak memakai jas laboratorium karena udara panas
E. Menggunakan pipet tetes untuk mengambil larutan kimia
Jawab: E
7.
Kompetisi yang terjadi dalam sarang rayap
merupakan permasalahan biologi pada tingkat…
A. Komunitas
B. Ekosistem
C. Individu
D. Organ
E. Populasi
Jawab: E
A. Komunitas
B. Ekosistem
C. Individu
D. Organ
E. Populasi
Jawab: E
8.
Masalah: Apakah
pemberian alga biru hijau dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi?
Hipotesis alternatifnya adalah pemberian alga biru hijau dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi. Eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis tesebut adalah…
A. Membandingkan kemampuan mengikat pada berbagai alga biru hijau
B. Meneliti simbiosis antara tanaman padi dengan alga biru hijau
C. Mengamati pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau
D. Membandingkan pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau dan yang tidak
E. Membandingkan tanaman padi dan jagung yang diberi alga biru hijau
Jawab: D
Hipotesis alternatifnya adalah pemberian alga biru hijau dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi. Eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis tesebut adalah…
A. Membandingkan kemampuan mengikat pada berbagai alga biru hijau
B. Meneliti simbiosis antara tanaman padi dengan alga biru hijau
C. Mengamati pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau
D. Membandingkan pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau dan yang tidak
E. Membandingkan tanaman padi dan jagung yang diberi alga biru hijau
Jawab: D
9.
Operasi jantung dan pembuluh darah merupakan
permasalahan biologi pada tingkat…
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Sistem organ
E. Individu
Jawab: D
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Sistem organ
E. Individu
Jawab: D
10. Seorang
mahasiswa kedokteran ingin menjadi ahli kanker, maka dia harus memperdalam
pengetahuannya di bidang…
A. Parasitologi
B. Embriologi
C. Teratologi
D. Patologi
E. Sitologi
Jawab: E
A. Parasitologi
B. Embriologi
C. Teratologi
D. Patologi
E. Sitologi
Jawab: E
11. HIV/AIDS
merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan virus. Penularan penyakit tersebut
adalah melalui kontak langsung penderita dengan orang sehat, pergaulan bebas,
dan transfusi darah. Kesimpuilan tersbut diperoleh berdasarkan…
A. Penyusunan hipotesis
B. Analisis hasil eksperimen
C. Penyusunan teori dan hokum
D. Observasi dan pengumpulan data
E. Hipotesis
Jawab: B
A. Penyusunan hipotesis
B. Analisis hasil eksperimen
C. Penyusunan teori dan hokum
D. Observasi dan pengumpulan data
E. Hipotesis
Jawab: B
12. Diantara
pernyataan berikut, yang merupakan sikap ilmiah adalah…
A. Berusaha menemukan jawaban
B. Membantu memecahkan masalah
C. Menguji ulang hasil eksperimen
D. Rasa ingin tahu terhadap segala hal
E. Memecahkan teka-teki lingkungan
Jawab: D
A. Berusaha menemukan jawaban
B. Membantu memecahkan masalah
C. Menguji ulang hasil eksperimen
D. Rasa ingin tahu terhadap segala hal
E. Memecahkan teka-teki lingkungan
Jawab: D
13. Seorang
ahli biologi sedang melakukan penelitian di Ujung Kulon dengan memotret dna
mencatat ciri-ciri makhluk hidup yang dijumpai. DIlihat dari aktivitas
tersebut, kemungkinan besar tingkat organisasi kehidupan yang sedang dipelajari
adalah…
A. Sel
B. Organ
C. Individu
D. Komunitas
E. Ekosistem
Jawab: D
14. Dalam laboratorium terdapat tabung zat kimia dengan gambar simbol sebagai berikut
A. Sel
B. Organ
C. Individu
D. Komunitas
E. Ekosistem
Jawab: D
14. Dalam laboratorium terdapat tabung zat kimia dengan gambar simbol sebagai berikut
A. Beracun, sedikit masuk ke tubuh dapat berakibat fatal
B. Bahan mudah bereaksi dengan zat kimia lain
C. Bahan terbakar bila bersentuhan dengan zat kimia lain
D. Bahan mudah meledak bila terkena panas atau api
E. Bahan beracun dan mudah meledak dalam ruangan
Jawab:
15. Berikut
ini adalah produk yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:
1)
Kain sutera
2)
Ember pastik
3)
Kain nilon
4)
Kain katun
5)
Minyak atsiri
6)
Bola plastik
Barang yang merupakan penerapan
biologi dalam industri adalah…
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 4), dan 50
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawab: C
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 4), dan 50
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawab: C
16. Keanekaragaman
hayati di dalam sistem lingkungan diperlukan untuk,,,
A. Objek penelitian bagi manusia
B. Menjada stabilitas ekosistem
C. Menjaga habitat flora dan fauna
D. Menignkatkan kebutuhan hidup manusia
E. Mencegah kerusakan lingkungan
Jawab: B
A. Objek penelitian bagi manusia
B. Menjada stabilitas ekosistem
C. Menjaga habitat flora dan fauna
D. Menignkatkan kebutuhan hidup manusia
E. Mencegah kerusakan lingkungan
Jawab: B
17. Perbedaan
kondisi lingkungan menyebabkan keanekaragamn pada tingkat…
A. Individu
B. Spesies
C. Populasi
D. Komunitas
E. Ekosistem
Jawab: E
A. Individu
B. Spesies
C. Populasi
D. Komunitas
E. Ekosistem
Jawab: E
18. Perhatikan
gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat…
A. Gen
B. Kromoson
C. Spesies
D. Populasi
E. Ekosistem
Jawab: A
A. Gen
B. Kromoson
C. Spesies
D. Populasi
E. Ekosistem
Jawab: A
19. Upaya
agar keanekaragaman hayati dapat dinikmati sampai ke generasi selanjutnya, maka
yang perlu diketahui adalah…
A. Pemanfaatan
B. Pembudayaan
C. Penelitian
D. Pelestarian
E. Pengembangan
Jawab: D
A. Pemanfaatan
B. Pembudayaan
C. Penelitian
D. Pelestarian
E. Pengembangan
Jawab: D
20. Keanekaragaman
hayati memiliki beberapa nilai berikut, kecuali…
A. Ekologi
B. Ideologi
C. Psikologi
D. Ekonomi
E. Estetika
Jawab: C
A. Ekologi
B. Ideologi
C. Psikologi
D. Ekonomi
E. Estetika
Jawab: C
21. Felis domesticus, Felis leo, Felis tigiris,
Felis catus, merupakan keanekaragaman hayati tingkat…
A. Genetik
B. Plasma nutfah
C. Ekosistem
D. Genus
E. Spesies
Jawab: E
A. Genetik
B. Plasma nutfah
C. Ekosistem
D. Genus
E. Spesies
Jawab: E
22. Persebaran
(ditribusi) tumbuhan di muka bumi dipengaruhi oleh faktor-faktor…
A. Altitude, katitude, dan tanah
B. Kadar O2, tanahm dan kelembaban
C. Unsur hara, cahara mataharim dan katitude
D. Altitude, CO2, dan tanah
E. Makanan, altitude, dan tanah
Jawab: A
A. Altitude, katitude, dan tanah
B. Kadar O2, tanahm dan kelembaban
C. Unsur hara, cahara mataharim dan katitude
D. Altitude, CO2, dan tanah
E. Makanan, altitude, dan tanah
Jawab: A
23. Kelopok
tumbuha berikut yang merupakan keanekaragaman hayati tingkat jenis dalam satu
genus adalah…
A. Lengkuas, jahe, dan alang-alang
B. Aren, kelapa, dan pinang
C.Bawang merah, daun seledri, dan bawang putih
E. Ubi, singkong, dan talas
Jawab: D
A. Lengkuas, jahe, dan alang-alang
B. Aren, kelapa, dan pinang
C.Bawang merah, daun seledri, dan bawang putih
E. Ubi, singkong, dan talas
Jawab: D
24. Tumbuhan
kecubung, kemangi, lidah buaya memiliki manfaat sebagai…
A. Bahan pangan
B. Bahan sandang
C. Penyedap rasa
D. Hisasan/barang estetik
E. Bahan obat-obatan
Jawab: E
A. Bahan pangan
B. Bahan sandang
C. Penyedap rasa
D. Hisasan/barang estetik
E. Bahan obat-obatan
Jawab: E
25. Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati dapat
dilakukan dalma bentuk pengembangan kawasan cagar alam. Berikut ini pasangan
kawasan cagar alam dan organisme yang dilindungi yang tepat adalah…
A. Bali barat—tanaman edelweiss
B. Baturan—Orang utan
C. Batang Gadis—Bunga raflesia
D. Bromo Tengger Semeru—Banteng
E. Gunung Leuser—Jalak putih
Jawab: C
A. Bali barat—tanaman edelweiss
B. Baturan—Orang utan
C. Batang Gadis—Bunga raflesia
D. Bromo Tengger Semeru—Banteng
E. Gunung Leuser—Jalak putih
Jawab: C
26. Keanekaragaman
genetic dapat ditunjukkan dengan adanya…
A. Variasi alat gerak pada Avertebrata
B. Variasi penutup tubuh pada Vertebrata
C. Perbedaan sistem pertulangan daun pada Spermatophyta
D. Variasi individu dalam keturunan
E. Variasi akibat gerak pada Protozoa
Jawab: D
A. Variasi alat gerak pada Avertebrata
B. Variasi penutup tubuh pada Vertebrata
C. Perbedaan sistem pertulangan daun pada Spermatophyta
D. Variasi individu dalam keturunan
E. Variasi akibat gerak pada Protozoa
Jawab: D
27. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan contoh keanekaragaman tingkat…
A. Ekosistem
B. Komunitas
C. Populasi
D. Jenis
E. Gen
Jawab: E
28. Berikut
ini yang bukan merupakan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati adalah…
A. Konservasi secara berkelanjutan
B. Perubahan iklim global
C. Pencemaran tanah, air, dan udara
D. Eksploitasi flora dan fauna
E. Kemajuan pertanian dan industri
Jawab: A
A. Konservasi secara berkelanjutan
B. Perubahan iklim global
C. Pencemaran tanah, air, dan udara
D. Eksploitasi flora dan fauna
E. Kemajuan pertanian dan industri
Jawab: A
29. Sumber
daya hayati perlu dilestarikan, karena tumbuhan memiliki peran penting bagi
manusia dan hewan, yaitu…
A. Penyedia O2 untuk pernafasan
B/ Mengurangi terik matahari pada siang hari
C. Mengurangi terjdainya banijr saat musim hujan
D. Pemasok karbohidrat, sebagai sumber energi
E. Memberi keindahan, rasa aman, dan damai
Jawab: A
A. Penyedia O2 untuk pernafasan
B/ Mengurangi terik matahari pada siang hari
C. Mengurangi terjdainya banijr saat musim hujan
D. Pemasok karbohidrat, sebagai sumber energi
E. Memberi keindahan, rasa aman, dan damai
Jawab: A
30. Berikut
adalah peta Indonesia
Hewan yang mudah dijumpai pada bagian yang dilingkari adalah…
A. Kasuari
B. Harimau
C. Kukang
D. Komodo
E, Cendrawasih
Jawab: B
Hewan yang mudah dijumpai pada bagian yang dilingkari adalah…
A. Kasuari
B. Harimau
C. Kukang
D. Komodo
E, Cendrawasih
Jawab: B
31. Sistem
klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh…
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Carl Woose
E. Robert Whitakker
Jawab: E
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Carl Woose
E. Robert Whitakker
Jawab: E
32. Pengklasifikasian
makhluk hidup merupakan…
A. Pengkajian hubungan kekerabatan makhluk hidup
B. Penelitian terhadap kelompok-kelompok makhluk hidup
C. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri morfologi dan anatomi
D. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri dan sifat
E. Pengenalan makhluk hidup dengan mengidentifikasinya
Jawab: D
A. Pengkajian hubungan kekerabatan makhluk hidup
B. Penelitian terhadap kelompok-kelompok makhluk hidup
C. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri morfologi dan anatomi
D. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri dan sifat
E. Pengenalan makhluk hidup dengan mengidentifikasinya
Jawab: D
33. Dua
organisme memiliki kemiripan tingkah dan menempati daerah yang sama, dapat
disebut satu spesies jika…
A. Habitat dan warna rambut sama
B. Dapat menghasilkan keturunan fertile jika terjadi perkawinan
C. Jenis makanan dan bentuk gigi sama
D. Cara reproduksi dan menghasilkan keturunan
E. Pola hidup dan cara mencari makanan yang sama
Jawab: B
A. Habitat dan warna rambut sama
B. Dapat menghasilkan keturunan fertile jika terjadi perkawinan
C. Jenis makanan dan bentuk gigi sama
D. Cara reproduksi dan menghasilkan keturunan
E. Pola hidup dan cara mencari makanan yang sama
Jawab: B
34. Buaya
dan latak berada dalam satu subfilum yang sama yaitu Vertebrata. Hal ini
berarti keduanya memiliki ciri yang sama, yaitu…
A. Pola hidup
B. SIstem reproduksi
C. Penguat tubuh
D. Jumlah alat gerak
E. Cara adaptasi pada lingkungan
Jawab: C
A. Pola hidup
B. SIstem reproduksi
C. Penguat tubuh
D. Jumlah alat gerak
E. Cara adaptasi pada lingkungan
Jawab: C
35. Alasan
pemisahan Fungi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur…
A. Tidak memilikki dinding sel
B. Melakukan gerak aktif
C. Bersifat hetereotrof
D. TIdka memiliki mebran inti
E. Berkembang biak dengan spora
Jawab: C
A. Tidak memilikki dinding sel
B. Melakukan gerak aktif
C. Bersifat hetereotrof
D. TIdka memiliki mebran inti
E. Berkembang biak dengan spora
Jawab: C
36. Felidae, Canidae, Hominidae, Pongidae,
merupakan penamaan organisme pada takson…
A. Kingdom
B. Filum
C. DIvisio
D. Ordo
E. Familia
Jawab: E
A. Kingdom
B. Filum
C. DIvisio
D. Ordo
E. Familia
Jawab: E
37. Dua
tanaman berikut yang paling banyak memiliki persamaan ciri adalah…
A. Zabaca edulis dan Canna edulis
B. Solanaceae dan Coleus tuberosum
C. Solanum tuberosum dan
D. Solanaceae dan Solanum tuberosum
E. Coleus tuberosum dan Solanum tuberosum
Jawab: C
A. Zabaca edulis dan Canna edulis
B. Solanaceae dan Coleus tuberosum
C. Solanum tuberosum dan
D. Solanaceae dan Solanum tuberosum
E. Coleus tuberosum dan Solanum tuberosum
Jawab: C
38. Perhatikan
nama ilmiah beberapa organisme yang ada di sekitar kita
1)
Zea Mays
2)
Musa
paradisiaca
3)
Solanum lyccperniticum
4)
Solanum tuberosum
5)
Zalica
edulis
Tata cara penulisan ilmiah yang
sesuai dengan sistem binomial nomenklatur adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Jawab: D
39. Tanaman
tebu diberi nama ilmiah Saccharum officinarum.
Sedangkan, pegagan memiliki nama ilmiah Saccharum spontaneum. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman tebu dan pegagan termasuk…
A. Spesies sama, genus berbeda
B. Spesies sama, genus sama
C. Genus berbeda, suku sama
D. Spesies sama, suku berbeda
E. Suku sama, bangsa berbeda
Jawab: B
B. Spesies sama, genus sama
C. Genus berbeda, suku sama
D. Spesies sama, suku berbeda
E. Suku sama, bangsa berbeda
Jawab: B
40. Sistem
klasifikasi 3 kingdom merupakan
pengembangan klasifikasi dari Linnaeus, yaitu sitem yang berdasarkan…
A. Sejarah evolusi makhluk hidup
B. Struktur morfologi makhluk hidup
C. Habitat dan ukuran makhluk hidup
D. Bentuk dan ukuran makhluk hidup
E. Proses fisiologi makhluk hidup
Jawab: A
A. Sejarah evolusi makhluk hidup
B. Struktur morfologi makhluk hidup
C. Habitat dan ukuran makhluk hidup
D. Bentuk dan ukuran makhluk hidup
E. Proses fisiologi makhluk hidup
Jawab: A
41. Menurut
klasifikasi sistem 5 kingdom, organisme yang tidak memiliki membran inti sel
dimasukkan dalam kingdom…
A. Monera, contoh: alga hijau
B. Protista, contoh: bakteri
C. Protista, contoh: amoeba
D. Protista, contoh: alga biru hijau
E. Monera, contoh bakteri
Jawab: E
A. Monera, contoh: alga hijau
B. Protista, contoh: bakteri
C. Protista, contoh: amoeba
D. Protista, contoh: alga biru hijau
E. Monera, contoh bakteri
Jawab: E
42. Pasangan
organisme berikut ini yang dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan
keturunan fertile adalah…
A. Kuda dan keledai
B. Marmut dan kelincni
C. Singa laut dan gajah laut
D. Padi rojolele dan padi cisadane
E. Rumput gajah dan rumput manila
Jawab: D
A. Kuda dan keledai
B. Marmut dan kelincni
C. Singa laut dan gajah laut
D. Padi rojolele dan padi cisadane
E. Rumput gajah dan rumput manila
Jawab: D
43. Nyamuk,
capung, dan semut tergolong dalam kelas insect yang memiliki struktur khas,
yaitu..
A. Berkaki enam
B. Berkaki delapan
C. Memiliki sepasang sayap
D. Memiliki sepasang antenna
E. Bermetamorfosis sempurna
Jawab: C
A. Berkaki enam
B. Berkaki delapan
C. Memiliki sepasang sayap
D. Memiliki sepasang antenna
E. Bermetamorfosis sempurna
Jawab: C
44. Sistem
klasifikasi sederhana dapat dibuat berdasarkan manfaatnya. Contoh: kunyit,
jahe, dan kencur termasuk kelompok…
A. Sayur-sayuran
B. Tanaman obat
C. Tanaman hias
D. Buah-buahan
E. Umbi-umbian
Jawab: B
A. Sayur-sayuran
B. Tanaman obat
C. Tanaman hias
D. Buah-buahan
E. Umbi-umbian
Jawab: B
45. Amphibia,
reptilia, burung, dan mammalia termasuk dalam kelompok Tetrapoda. Cara
pengelompokkan ini berdasarkan persamaan pada…
A. Fisiologi
B. Anatomi
C. Morfologi
D. Perilaku makan
E. Perilaku reproduksi
Jawab: C
A. Fisiologi
B. Anatomi
C. Morfologi
D. Perilaku makan
E. Perilaku reproduksi
Jawab: C
J
Comments
Post a Comment