Skip to main content

Contoh Soal (Beserta Jawabannya) UTS1 SMA Kurikulum 2013 TP 2016/2017


Kelas X
BIOLOGI



1.      Seorang siswa harus berpikir positif. Pada saat ia mengambil sarang rayap di balik kayu lapuk, maka sesuai dengan metode ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah…
A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis
B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan
C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah
D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori
E. Menganalisis data hasil pengamatan

Jawab: C

2.      Manfaat biologi di bidang teknologi pengolahan pangan adalah…
A. Terapi gen
B. Kloning hewan ternak
C. Budidaya udang wind
D. Pembuatan hormon insulin
E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal)

Jawab: E

3.      Pada percobaan “Pengaruh limbah organik  terhadap pertumbuhan Spirogyra sp”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air cucian beras, air bekas cucian ikan, dan air cucian sayuran. Hal ini merupakan variabel…
A. Terikat
B. Bebas
C. Kontrol
D. Respon
E. Pengganggu

Jawab: B

4.      Perhatikan rumusan masalah berikut!
“Adakah pengaruh perbedaan suhu udara terhadap kecepatan penguapan pada daun tanaman jagung?”
Variabel terikat yang tepat pada rumusan masalah tersebut adalah…
A. Waktu percobaan
B. Perbedaan suhu
C. Kecepatan penguapan
D. Berbagai jenis tumbuhan jagung
E. Kondisi lingkungan sekitar tanaman

Jawab: C

5.      Perhatikan data observasi berikut!
1)         Daun belang-belang
2)         30% penderita anemia adalah usia lanjut
3)         Denyut nadi saat istirahat 78 per menit
4)         Pada tempat yang bersuhu 30oC, ukuran daunnya kecil-kecil
Data kualitatif ditunjukkan oleh nomor…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4

Jawab: C

6.      Tindakan yang benar dalam kegiatan di labortorium adalah…
A. Minum saat merasa haus
B. Mematikan pembakar spiritus dengan cara ditiup
C. Meletakkan tas sekolah di atas meja kerja
D. Tidak memakai jas laboratorium karena udara panas
E. Menggunakan pipet tetes untuk mengambil larutan kimia

Jawab: E

7.      Kompetisi yang terjadi dalam sarang rayap merupakan permasalahan biologi pada tingkat…
A. Komunitas
B. Ekosistem
C. Individu
D. Organ
E. Populasi

Jawab: E

8.      Masalah: Apakah pemberian alga biru hijau dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi?
Hipotesis alternatifnya adalah pemberian alga biru hijau dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi. Eksperimen yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis tesebut adalah…
A. Membandingkan kemampuan mengikat pada berbagai alga biru hijau
B. Meneliti simbiosis antara tanaman padi dengan alga biru hijau
C. Mengamati pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau
D. Membandingkan pertumbuhan tanaman padi yang diberi alga biru hijau dan yang tidak
E. Membandingkan tanaman padi dan jagung yang diberi alga biru hijau

Jawab: D

9.      Operasi jantung dan pembuluh darah merupakan permasalahan biologi pada tingkat…
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Sistem organ
E. Individu

Jawab: D

10.  Seorang mahasiswa kedokteran ingin menjadi ahli kanker, maka dia harus memperdalam pengetahuannya di bidang…
A. Parasitologi
B. Embriologi
C. Teratologi
D. Patologi
E. Sitologi

Jawab: E

11.  HIV/AIDS merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan virus. Penularan penyakit tersebut adalah melalui kontak langsung penderita dengan orang sehat, pergaulan bebas, dan transfusi darah. Kesimpuilan tersbut diperoleh berdasarkan…
A. Penyusunan hipotesis
B. Analisis hasil eksperimen
C. Penyusunan teori dan hokum
D. Observasi dan pengumpulan data
E. Hipotesis

Jawab: B
 
12.  Diantara pernyataan berikut, yang merupakan sikap ilmiah adalah…
A. Berusaha menemukan jawaban
B. Membantu memecahkan masalah
C. Menguji ulang hasil eksperimen
D. Rasa ingin tahu terhadap segala hal
E. Memecahkan teka-teki lingkungan

Jawab: D

13.  Seorang ahli biologi sedang melakukan penelitian di Ujung Kulon dengan memotret dna mencatat ciri-ciri makhluk hidup yang dijumpai. DIlihat dari aktivitas tersebut, kemungkinan besar tingkat organisasi kehidupan yang sedang dipelajari adalah…
A. Sel
B. Organ
C. Individu
D. Komunitas
E. Ekosistem

Jawab: D

14.  Dalam laboratorium terdapat tabung zat kimia dengan gambar simbol sebagai berikut













A. Beracun, sedikit masuk ke tubuh dapat berakibat fatal
B. Bahan mudah bereaksi dengan zat kimia lain
C. Bahan terbakar bila bersentuhan dengan zat kimia lain
D. Bahan mudah meledak bila terkena panas atau api
E. Bahan beracun dan mudah meledak dalam ruangan

Jawab:

15.  Berikut ini adalah produk yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:
1)         Kain sutera
2)         Ember pastik
3)         Kain nilon
4)         Kain katun
5)         Minyak atsiri
6)         Bola plastik
Barang yang merupakan penerapan biologi dalam industri adalah…
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 4), dan 50
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

Jawab: C

16.  Keanekaragaman hayati di dalam sistem lingkungan diperlukan untuk,,,
A. Objek penelitian bagi manusia
B. Menjada stabilitas ekosistem
C. Menjaga habitat flora dan fauna
D. Menignkatkan kebutuhan hidup manusia
E. Mencegah kerusakan lingkungan

Jawab: B

17.  Perbedaan kondisi lingkungan menyebabkan keanekaragamn pada tingkat…
A. Individu
B. Spesies
C. Populasi
D. Komunitas
E. Ekosistem

Jawab: E

18.  Perhatikan gambar berikut!









Gambar tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat…
A. Gen
B. Kromoson
C. Spesies
D. Populasi
E. Ekosistem

Jawab: A

19.  Upaya agar keanekaragaman hayati dapat dinikmati sampai ke generasi selanjutnya, maka yang perlu diketahui adalah…
A. Pemanfaatan
B. Pembudayaan
C. Penelitian
D. Pelestarian
E. Pengembangan

Jawab: D

20.  Keanekaragaman hayati memiliki beberapa nilai berikut, kecuali…
A. Ekologi
B. Ideologi
C. Psikologi
D. Ekonomi
E. Estetika

Jawab: C

21.  Felis domesticus, Felis leo, Felis tigiris, Felis catus, merupakan keanekaragaman hayati tingkat…
A. Genetik
B. Plasma nutfah
C. Ekosistem
D. Genus
E. Spesies

Jawab: E

22.  Persebaran (ditribusi) tumbuhan di muka bumi dipengaruhi oleh faktor-faktor…
A. Altitude, katitude, dan tanah
B. Kadar O2, tanahm dan kelembaban
C. Unsur hara, cahara mataharim dan katitude
D. Altitude, CO2, dan tanah
E. Makanan, altitude, dan tanah

Jawab: A

23.  Kelopok tumbuha berikut yang merupakan keanekaragaman hayati tingkat jenis dalam satu genus adalah…
A. Lengkuas, jahe, dan alang-alang
B. Aren, kelapa, dan pinang
C.Bawang merah, daun seledri, dan bawang putih
E. Ubi, singkong, dan talas

Jawab: D

24.  Tumbuhan kecubung, kemangi, lidah buaya memiliki manfaat sebagai…
A. Bahan pangan
B. Bahan sandang
C. Penyedap rasa
D. Hisasan/barang estetik
E. Bahan obat-obatan

Jawab: E

25.  Upaya pelestarian  keanekaragaman hayati dapat dilakukan dalma bentuk pengembangan kawasan cagar alam. Berikut ini pasangan kawasan cagar alam dan organisme yang dilindungi yang tepat adalah…
A. Bali barat—tanaman edelweiss
B. Baturan—Orang utan
C. Batang Gadis—Bunga raflesia
D. Bromo Tengger Semeru—Banteng
E. Gunung Leuser—Jalak putih

Jawab: C

26.  Keanekaragaman genetic dapat ditunjukkan dengan adanya…
A. Variasi alat gerak pada Avertebrata
B. Variasi penutup tubuh pada Vertebrata
C. Perbedaan sistem pertulangan daun pada Spermatophyta
D. Variasi individu dalam keturunan
E. Variasi akibat gerak pada Protozoa

Jawab: D


27. Perhatikan gambar berikut!



Gambar tersebut menunjukkan contoh keanekaragaman tingkat…
A. Ekosistem
B. Komunitas
C. Populasi
D. Jenis
E. Gen

Jawab: E

28.  Berikut ini yang bukan merupakan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati adalah…
A. Konservasi secara berkelanjutan
B. Perubahan iklim global
C. Pencemaran tanah, air, dan udara
D. Eksploitasi flora dan fauna
E. Kemajuan pertanian dan industri

Jawab: A

29.  Sumber daya hayati perlu dilestarikan, karena tumbuhan memiliki peran penting bagi manusia dan hewan, yaitu…
A. Penyedia O2 untuk pernafasan
B/ Mengurangi terik matahari pada siang hari
C. Mengurangi terjdainya banijr saat musim hujan
D. Pemasok karbohidrat, sebagai sumber energi
E. Memberi keindahan, rasa aman, dan damai

Jawab: A


30.  Berikut adalah peta Indonesia

Hewan yang mudah dijumpai pada bagian yang dilingkari adalah…
A. Kasuari
B. Harimau
C. Kukang
D. Komodo
E, Cendrawasih

Jawab: B

31.  Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh…
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Carl Woose
E. Robert Whitakker

Jawab: E

32.  Pengklasifikasian makhluk hidup merupakan…
A. Pengkajian hubungan kekerabatan makhluk hidup
B. Penelitian terhadap kelompok-kelompok makhluk hidup
C. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri morfologi dan anatomi
D. Pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri dan sifat
E. Pengenalan makhluk hidup dengan mengidentifikasinya

Jawab: D

33.  Dua organisme memiliki kemiripan tingkah dan menempati daerah yang sama, dapat disebut satu spesies jika…
A. Habitat dan warna rambut sama
B. Dapat menghasilkan keturunan fertile jika terjadi perkawinan
C. Jenis makanan dan bentuk gigi sama
D. Cara reproduksi dan menghasilkan keturunan
E. Pola hidup dan cara mencari makanan yang sama

Jawab: B

34.  Buaya dan latak berada dalam satu subfilum yang sama yaitu Vertebrata. Hal ini berarti keduanya memiliki ciri yang sama, yaitu…
A. Pola hidup
B. SIstem reproduksi
C. Penguat tubuh
D. Jumlah alat gerak
E. Cara adaptasi pada lingkungan

Jawab: C

35.  Alasan pemisahan Fungi menjadi kingdom tersendiri adalah karena jamur…
A. Tidak memilikki dinding sel
B. Melakukan gerak aktif
C. Bersifat hetereotrof
D. TIdka memiliki mebran inti
E. Berkembang biak dengan spora

Jawab: C

36.  Felidae, Canidae, Hominidae, Pongidae, merupakan penamaan organisme pada takson…
A. Kingdom
B. Filum
C. DIvisio
D. Ordo
E. Familia

Jawab: E

37.  Dua tanaman berikut yang paling banyak memiliki persamaan ciri adalah…
A. Zabaca edulis dan Canna edulis
B. Solanaceae dan  Coleus tuberosum
C. Solanum tuberosum dan 
D. Solanaceae dan  Solanum tuberosum
E. Coleus tuberosum dan Solanum tuberosum

Jawab: C

38.  Perhatikan nama ilmiah beberapa organisme yang ada di sekitar kita
1)         Zea Mays
2)         Musa paradisiaca
3)         Solanum lyccperniticum
4)         Solanum tuberosum
5)         Zalica edulis
Tata cara penulisan ilmiah yang sesuai dengan sistem binomial nomenklatur adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

Jawab: D

39.  Tanaman tebu diberi nama ilmiah Saccharum officinarum. Sedangkan, pegagan memiliki nama ilmiah Saccharum spontaneum. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman tebu dan pegagan termasuk…
A. Spesies sama, genus berbeda
B. Spesies sama, genus sama
C. Genus berbeda, suku sama
D. Spesies sama, suku berbeda
E. Suku sama, bangsa berbeda

Jawab: B

40.  Sistem klasifikasi 3 kingdom merupakan pengembangan klasifikasi dari Linnaeus, yaitu sitem yang berdasarkan…
A. Sejarah evolusi makhluk hidup
B. Struktur morfologi makhluk hidup
C. Habitat dan ukuran makhluk hidup
D. Bentuk dan ukuran makhluk hidup
E. Proses fisiologi makhluk hidup

Jawab: A

41.  Menurut klasifikasi sistem 5 kingdom, organisme yang tidak memiliki membran inti sel dimasukkan dalam kingdom…
A. Monera, contoh: alga hijau
B. Protista, contoh: bakteri
C. Protista, contoh: amoeba
D. Protista, contoh: alga biru hijau
E. Monera, contoh bakteri

Jawab: E

42.  Pasangan organisme berikut ini yang dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan fertile adalah…
A. Kuda dan keledai
B. Marmut dan kelincni
C. Singa laut dan gajah laut
D. Padi rojolele dan padi cisadane
E. Rumput gajah dan rumput manila

Jawab: D

43.  Nyamuk, capung, dan semut tergolong dalam kelas insect yang memiliki struktur khas, yaitu..
A. Berkaki enam
B. Berkaki delapan
C. Memiliki sepasang sayap
D. Memiliki sepasang antenna
E. Bermetamorfosis sempurna

Jawab: C

44.  Sistem klasifikasi sederhana dapat dibuat berdasarkan manfaatnya. Contoh: kunyit, jahe, dan kencur termasuk kelompok…
A. Sayur-sayuran
B. Tanaman obat
C. Tanaman hias
D. Buah-buahan
E. Umbi-umbian

Jawab: B


45.  Amphibia, reptilia, burung, dan mammalia termasuk dalam kelompok Tetrapoda. Cara pengelompokkan ini berdasarkan persamaan pada…
A. Fisiologi
B. Anatomi
C. Morfologi
D. Perilaku makan
E. Perilaku reproduksi

Jawab: C
J

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT

LARANGAN SISWA MEMBAWA SEPEDA MOTOR KE SEKOLAH             Sepeda motor sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat Indonesia. Bahkan, para remaja pun kini sudah terbiasa mengendarai sepeda motor. Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya banyak sekali dampak negatif penggunaan sepeda motor. Itulah sebabnya mengapa banyak sekolah yang mengeluarkan larangan bagi siswa.             Ada beberapa orang yang bertentangan pendapatnya dengan larangan tersebut. Mereka memiliki pendapat masing-masing. Antara lain, dengan siswa membawa sepeda motor ke sekolah, mereka tidak harus menunggu kendaraan umum untuk berangkat dan pulang. Dengan begitu, waktu yang mereka gunakan lebih singkat. Kemudian, siswa yang jarak tempuh antara rumah dan sekolahnya jauh lebih mudah menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan harus menunggu kendaraan umum.       ...

SANDI-SANDI DALAM PRAMUKA

1. Sandi AN sandi AN       CONTOH : 1. CNEWB = PARJO                         2. GNYV    = TALI 2. Sandi AZ Sandi AZ beserta contoh 3. Sandi Kotak 1 4. Sandi Kotak 2 5. Sandi Koordinat CONTOH: RT/HP/ET/MP/HI/AU                    M   E    L   A    T    I  6. Sandi Angka CONTOH: 3/4/22/0/13  15/4/13/6/6/0/11/0/13/6 = DEWAN PENGGALANG 7. Sandi Udang         SANDI UDANG adalah sandi yang di balik    CONTOH:      AKUMARP = PRAMUKA  

Hobi | Bagian Tiga

Setelah sekian lamanya aku gak nyentuh software-software design di komputer ataupun laptop karena ayahku yang udah punya bisnis lain dan aku   juga udah punya kegiatan yang lebih padat di sekolah, akhirnya saat aku SMA, aku memulai lagi untuk membuka mataku dan memulai lagi mengenal software-software tersebut. Jadi ceritanya waktu pertama kali aku masuk SMA, pertama kali nya aku diberi sebuah amanah yang menurutku cukup besar untuk seorang yang belum pernah menerima amanah apapun di SMA yang cukup jauh dari rumahnya itu. Aku mendapat amanah menjadi seorang wakil kepala department media rohis sma ku, poh al uswah. Awalnya memang aku bersikap biasa saja mengenai hal tersebut. Akan tetapi, ternyata hal itulah yang justru membuat perjalananku sedikit berubah dan membuatku menemukan hal-hal baru baik dalam diriku maupun hidupku. Aku pernah sih bahas tentang amanahku itu di tulisanku yang episode “masa kuliah”, cuma akulupa part berapanya. Yang jelas, amanah jadi wakadept itu yang ...