Skip to main content

MENTORING? BUAT APA, SIH?


(Cerita lama, baru di-share sekarang, hehe)


Kalo denger nama SMA Teladan—Negeri 1 Yogyakarta—, pasti ngga asing sama yang namanya ”Mentoring”. Tapi, banyak juga yang masih belum kenal ya. Jadi, apasih mentoring itu? Tempat dimana kita bisa curhat, bisa sharing pengalaman, bisa nambah pengetahuan, dan bisa memperkuat keimanan tentunya. Ya, itu beberapa tanggapan dari temen-temen satu mentorku.

Namun, yang perlu temen-temen tahu, sebelum kita sampai ke jenjang mentoring, ada satu jenjang dulu yang harus dinikmati, pendampingan. Jujur ya, aku masih belum tahu pasti namanya apa. Yang aku yakin, ini adalah satu sesi—sejenis mentoring—yang merupakan lanjutan dari sesi pansus. Menurutku, sih, kedua hal tersebut cuma beda nama aja. Inti dari kegiatan, isi, dan esensinya, ya, sama aja.

Nah, sehubungan dengan hal itu, aku pengen sharing nih sama kalian tentang squad unyu-ku ini. Pansus Mbak Sinta. Disaat yang lain namanya Pansus bahagia, ceria, anti galau, dan blablabla semacamnya, ya, inilah kita. Haha. Sebenernya, nama itu diambil karena diterusin aja dari pansus saat kegiatan MOPDB dulu. Walaupun sebenernya yang ngisi—jadi pendamping—ngga cuma mbak Sinta doang.




Foto itu diambil waktu pendampingan belum resmi dimulai. Ya, kita kaya cuma perkenalan aja gitu siapa aja, sih, anak-anak anggota pansusnya mbak Sinta. By the way, ini sebenernya salah satu kejadian yang paling seru. Jadi, waktu sesi perkenalan ini kita ditraktir, loh¸ mie ayamnya sama mbak Sinta. Akan tetapi, waktu mbak Sinta mau mbayar, Bapak penjual mie ayam—Pak Kli—berkata, “Tadi udah dibayarin sama alumni.” Entah kenapa, ya. Jujur, waktu aku ndenger Bapaknya bilang gitu, aku bingung. Tapi. Yaudahlahya. Yang penting aku kenyang tanpa membayar. Huaha.


Pendampingan pun, dimulai. Yang aku pasti inget adalah, hari Jumat. Ya karena emang semua pendampingan adanya cuma hari Jumat. Muehe. Waktu itu, acara yang aku inget adalah nyari tempat. Kami pun mendapatkan tempat yang menurutku cukup strategis, bawah pohon depan pos satpam. Pertama, disitu ngga panas. Kedua, disitu adem. Pendampingan terus berjalan dengan bahagia. Awalnya, yang jadi MC atau pembawa acara cuma mbak Sinta atau mbak Ima (partnernya mbak Sinta, pendamping kita juga, tapi udah kelas 12, wah semangat bertempur di penjajahan otak, mbak!). Tapi, sempet mbak Sinta usul buat yang jadi MC giliran urut sesuai abjad awal nama. Jadilah, akupun kebagian nomor urut dua. Sebenernya, sih, MC cuma mbawa acaranya aja. Yaiyalah. Namanya juga pembawa acara. Yang aku inget, susunannya itu pembukaan—biasanya salam dan baca basmalah—dilanjut tilawah, lalu bisa BA—berita aktual—dulu, atau bisa juga materi dulu. Nah, biasanya juga nih yang paling disenengin adalah sesi BA. Karena, disitu kiat bisa cerita apapun sepuas kita semau kita tanpa ada tema yang mengikat. Haha. Aslinya, sih, itu adalah sesi yang membicarakan hal-hal yang lagi booming di Teladan. Tapi, ya, gitu. Namanya juga kita. Yang mestinya tentang Teladan, bisa sampe ke Amerika. Yaudahlahya.




Alhamdulillah. Kami masih sempet ambil foto bareng-bareng fullteam. Yeah. Itu foto terakhir yang kami ambill sampai detik ini. Dikarenakan juga, waktu detik-detik pendampingan terakhir, pendampingannya malah diliburin. Yah. Yaudah.

Kemudian, berlanjutlah kami ke mentoring. Seperti yang aku bilang di awal, mentoring cuma beda nama aja. Pengisinya juga beda, sih. Langsung dari alumni-alumni Teladan. Mbak mentorku adalah mbak Zahidah, bisa dipanggil mbak Zahid. Yang aku suka, adalah waktu nonton video. Haha, yap, entah kenapa aku ngerasa mentoringku sering banget nonton video. Dan, aku suka. Pertahankan ya. mbak! Syukron. Haha.

Jujur, aku ngerasa beruntung banget masuk ke Teladan. Aku sendiri juga ngga tahu persis pendampingan atau mentoring ini asal-usulnya gimana. Yang jelas, ini bener-bener bermanfaat banget. Ayahku yang awalnya takut aku disekolahin jauh, begitu aku cerita tentang pendampingan dan mentoring ini mengapresiasi banget. Lanjutin terus, ya, mas, mbak!. Hamasah!


Ps: Sukses mbak Ima yang mau dijajah otaknya, hamasah! Hehe.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH TEKS DISKUSI SINGKAT

LARANGAN SISWA MEMBAWA SEPEDA MOTOR KE SEKOLAH             Sepeda motor sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat Indonesia. Bahkan, para remaja pun kini sudah terbiasa mengendarai sepeda motor. Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya banyak sekali dampak negatif penggunaan sepeda motor. Itulah sebabnya mengapa banyak sekolah yang mengeluarkan larangan bagi siswa.             Ada beberapa orang yang bertentangan pendapatnya dengan larangan tersebut. Mereka memiliki pendapat masing-masing. Antara lain, dengan siswa membawa sepeda motor ke sekolah, mereka tidak harus menunggu kendaraan umum untuk berangkat dan pulang. Dengan begitu, waktu yang mereka gunakan lebih singkat. Kemudian, siswa yang jarak tempuh antara rumah dan sekolahnya jauh lebih mudah menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan harus menunggu kendaraan umum.       ...

Masa Kuliah | Bagian Empat

Oiya, event yang aku ikuti tidak hanya DIS saja, tetapi juga ada beberapa event lain seperti DMF, Depa’s Infection, dan BKGN, yang alhamdulillah semuanya di-eksekusi pada topik 3 :)). Tidak hanya event saja yang memenuhi kepalaku di semester 1 ini. Aku juga dijejeli dengan berbagai kegiatan wajib kampus yang ‘katanya’, sih, merupakan rangkaian dari PPSMB fakultas (yang bahkan sampai saat ini jujur saja akumasih tidak menyukainya, haha). FGD atau forum group discussion namanya. Entah apa tujuannya yang jelas itu sangat membuang-buang waktu. Sedari awal aku jujur saja senang dan cenderung antusias ketika mendengar akan ada rangkaian PPSMB fakultas selanjutnya walaupun sedikit kesal kenapa harus dipadatkan di topik 3. padahal, di topik 1 dan 2 begitu banyaknya waktu luang sampai-sampai aku bingung harus melakukan apa. Akan tetapi, begitu kegiatan tesebut dimulai, aku masih tidak habis pikir, mengapa ditengah padatnya jadwal di fkg ini, masih saja ada pemikiran untuk membuat kegiatan ...

Contoh Soal (Beserta Jawabannya) UTS1 SMA Kurikulum 2013 TP 2016/2017

Kelas X BIOLOGI 1.       Seorang siswa harus berpikir positif. Pada saat ia mengambil sarang rayap di balik kayu lapuk, maka sesuai dengan metode ilmiah, langkah yang mula-mula dilakukan siswa tersebut adalah… A. Melakukan eksperimen untuk membuktikan hipotesis B. Menarik kesimpulam berdasarkan hasil pengamatan C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah D. Merumuskan hipotesis berdasarkan teori E. Menganalisis data hasil pengamatan Jawab: C 2.       Manfaat biologi di bidang teknologi pengolahan pangan adalah… A. Terapi gen B. Kloning hewan ternak C. Budidaya udang wind D. Pembuatan hormon insulin E. Produksi PST (Protein Sel Tunggal) Jawab: E 3.       Pada percobaan “Pengaruh limbah organik  terhadap pertumbuhan Spirogyra sp ”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air cucian beras, air bekas cucian ikan, dan air cucian sayuran. Hal ini merupakan variabel… A. Terikat...